3000 Pohon Cemara Laut Ditanam di Pantai Tegalkamulyan Cilacap Untuk Mitigasi Bencana

    3000 Pohon Cemara Laut Ditanam di Pantai Tegalkamulyan Cilacap Untuk Mitigasi Bencana

    Cilacap - Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P mengikuti kegiatan penanaman pohon sebanyak 3000 pohon cemara laut di area pesisir Pantai Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, yang diselenggarakan Pertamina  Refenery Unit (RU) IV Cilacap dalam rangka Opening Bulan K-3 dan memperingati hari sejuta pohon internasional, Jumat (21/1/2022).

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Afandi, S.l.P, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, S.I.K, Pjs. GM Pertamina Cilacap Didik Subagyo, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Drs. Wijonardi, M.M, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap  Sri Murniyati, ST., M.Si, Camat Cilacap Selatan Bintang Cahyono, A.P., M.M, para  PJU RU IV Pertamina Cilacap, Forkopimcam Cilacap Selatan dan para Relawan/aktivis lingkungan setempat.

    Dalam sambutan yang disampaikan Pjs. GM Pertamina Cilacap  Didik Subagyo mengatakan kepedulian lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama dan dalam rangka memperingati Hari gerakan sejuta pohon internasional untuk penanaman pohon Cemara yang mana dapat meminimalisarkan angin kencang di sekitaran pantai.

    Proses penanaman pohon kali melibatkan relawan yang akan membantu penanaman pohon dan pemeliharaan nantinya akan dilibatkan masyarakat sekitar 

    "Saya mewakili Pertamina  mengucapakan kepada pemerintah daerah dalam menciptakan peduli lingkungan dengan besar harapan kami penanaman pohon Cemara ini mampu dan berguna untuk mengurangi adanya dampak dari akibat  angin kencang maupun ombak lautan, " katanya.

    Sementara itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menambahkan Kegiatan penanaman ini merupakan wujud kepedulian dari PT. Kilang Pertamina Indonesia UP lV Cilacap yang dimaksudkan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan sebagai salah satu upaya mitigasi perubahan iklim.

    Kegiatan ini juga tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kelestarian dan keindahan lingkungan Pantai di Wilayah RW.VIII Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan.

    " Berkenaan dengan hal tersebut, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Kilang Pertamina Indonesia UP IV Cilacap, " ucapnya.

    Bupati berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, karena benar-benar dapat dirasakan manfaatnya, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan jugauntuk meminimalisir dampak perubahan iklim, salah satunya abrasi pantai akibat kenaikan permukaan air laut khususnya di area Pantai Tegalkamulyan.

    "Oleh karena itu, saya sangat berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaikbaiknya sehingga hasil yang diberikan dari kegiatan ini benar-benar dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan Pantai Tegalkamulyan, " harap Tatto.

    cilacapjawatengah kodimcilacap kabarcilacap infocilacap
    Totong Setiyadi

    Totong Setiyadi

    Artikel Sebelumnya

    Dandim Cilacap Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan...

    Artikel Berikutnya

    Persit KCK Cab XVIII Dim Cilacap Berbagi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Imigrasi Cilacap Laksanakan Apel Virtual Halal Bihalal Di Lingkungan Kemenkumham
    Libur Lebaran, WBP Luapkan Kebahagiaan Bersama Keluarga
    H+5 Lebaran, Arus Balik Jalur Semarang-Batang Lancar
    Peta Nusakambangan Jadi Motif Kegiatan Membatik Lapas Permisan
    Semangat Tinggi WBP Lapas Permisan Buat Motif Unik Kain Batik

    Ikuti Kami